Teknik Pertambangan

Universitas Syiah Kuala
Menu
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Akreditasi
    • Dosen & Staff
    • Struktur Organisasi
    • Video Profil
  • Akademik
    • Panduan Akademik
      • Panduan Akademik USK 2024
      • Panduan Akademik USK 2022
      • Panduan Kurikulum PSTP 2012-2016
      • Panduan Kurikulum PSTP 2016-2020
      • Panduan Kurikulum PSTP 2021-2025
      • Panduan Kurikulum PSTP 2024-2028
    • Kurikulum
      • Diagram Alir Mata Kurikulum Kurikulum 2012-2016
      • Diagram Alir Mata Kuliah Kurikulum 2016-2020
      • Diagram Alir Mata Kuliah Kurikulum 2021-2025
    • Struktur Mata Kuliah
    • Capaian Pembelajaran
    • Profil Lulusan
    • Kerja Praktik
    • Tugas Akhir
    • Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)
      • MBKM USK Unggul
      • MBKM Program Studi
    • Kalender Akademik
  • Fasilitas
    • Laboratorium Eksplorasi Mineral dan Migas
    • Laboratorium Pengolahan Bahan Galian
    • Laboratorium Geomekanika dan Peralatan Tambang
    • Ruang Komputer
    • Perpustakaan Mini Prodi
    • Perpustakaan USK
  • Kemahasiswaan
    • HMTP
    • Alumni
  • Layanan
    • KRS Online
    • E-Learning
    • Konten Edukasi dan Jurnal Ilmiah
    • Email USK
    • Biaya UKTB
  • Dokumen|Media
    • Dokumen
    • Video
  • Kontak

Kurikulum

Kurikulum PSTP sudah dikembangkan secara optimal dan rutin sebagai upaya pemenuhan kompetensi yang diharapakan pada lulusan. Kurikulum berisikan rencana pembelajaran, susunan mata kuliah, media dan terget kompetensi yang ingin dicapai oleh PSTP. PSTP melakukan evaluasi setiap 4 (empat) tahun terkait kurikulum yang diterapkannya. Tinjauan pertama terhadap kurikulum dilakukan pada tahun 2015. Kurikulum yang saat itu diterapkan adalah kurikulum Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). PSTP kemudian menyusun kurikulum baru berdasarkan standar baru yang dikeluarkan yaitu kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penyusunan kurikulum baru ini mulai dikerjakan setelah USK mengadakan workshop penyusunan dengan mengundang narasumber dari Tim Kurikulum Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti yaitu Dr. Ir. Endrotomo dan Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT yang menyampaikan materi workshop kurikulum berbasis KKNI. Penyusunan kurikulum ini melibatkan para stakeholder baik dari pihak internal, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, maupun dari pihak eksternal yang terdiri dari alumni, pengguna lulusan yaitu perusahaan-perusahaan yang bergerak pada industri tambang, Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Aceh dan pihak lainnya seperti masukan dari pihak asosiasi pendidikan yaitu Forum Komunikasi Program Studi Teknik Pertambangan se-Indonesia (Forkopindo) dan Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB). Mayoritas masukan dari para stakeholders diperoleh pada saat mereka diundang untuk menyampaikan kuliah tamu dan acara Pertemuan Forkopindo yang diadakan setiap tahunnya. Kurikulum baru berbasis KKNI yang disusun lebih menekankan pada mempersiapkan lulusan yang berkompeten di bidang Teknik Pertambangan sehingga dapat bersaing tingkat regional maupun nasional.

Capaian pembelajaran (CP) telah disusun dengan target utama pemenuhan kompetensi profil lulusan S1 Teknik Pertambangan dengan mempertimbangkan penerapan tingkatan KKNI. Terdapat 5 profil lulusan PSTP yaitu: (1) Praktisi Industri Pertambangan; (2) Tenaga Ahli Pertambangan di Sektor Pemerintah; (3) Akademisi; (4) Peneliti; dan (5) Konsultan Tambang. Tingkat kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dipastikan bersama oleh para penyusun setelah melakukan diskusi dengan para stakeholder. Matrik tersebut dapat dilihat pada buku kurikulum PSTP 2016.

Ketepatan struktur kurikulum PSTP disesuaikan dengan urutan capaian pembelajaran yang dituangkan dalam RPS mata kuliah berdasarkan kurikulum KKNI. Capaian pembelajaran PSTK USK meliputi:

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, d serta pendapat atau temuan orisinil orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalm kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

B. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering science), prinsip-prinsip rekayasa (engineering priciples), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan aktifitas eksplorasi (pencarian dan kuantifikasi) dan eksploitasi (penambangan)
  2. Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa
  3. Menguasai prinsip dan teknik perancangan dalam perencanaan dan desain ekplorasi (pencarian dan kuantifikasi) dan eksploitasi (penambangan)
  4. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi dan sosial yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun secara global
  5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik pemulihan lingkungan pasca penambangan
  6. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun secara global

C. Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan yang mencakup aktivitas eksplorasi (pencarian dan kuantifikasi) dan eksploitasi (penambangan)
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan yang berdasarkan pertibangan dan prinsip-prinsip rekayasa
  3. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan kelestarian lingkungan (environmental consideration)
  4. Mampu merancang proses, sistem, dan operasi penambangan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan
  5. Mampu menerapkan program pemulihan lingkungan pasca penambangan secara bertanggungjawab
  6. Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks di bidang pertambangan menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi
  7. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktifitas perancangan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi penambangan yang mencakup aktifitas ekplorasi (pencarian dan kuantifikasi) dan eksploitasi (penambangan)

D. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Kurikulum juga terstruktur dan telah memberikan fleksibilitas untuk memfasilitasi kepada mahasiswa dalam keberagaman minat dan bakat melalui mata kuliah-mata kuliah pilihan.

Dokumen pemetaan capaian pembelajaran, bahan kajian, RPS, kontrak kuliah sesuai dengan matakuliah yang diajarkan pada semester ganjil dan genap tersedia dan terdokumentasi dengan baik di PSTP USK. Di samping itu, tersedia juga dokumen-dokumen yudisium yang memuat masa studi dan IPK lulusan, serta dokumen prestasi mahasiswa dalam berbagai macam kegiatan terbaik di bidang akademik maupun non akademik. Dokumen-dokumen tersebut dapat diakses oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Jumlah total mata kuliah yang ada pada PSTP USK adalah sebanyak 67 mata kuliah, dengan 55 mata kuliah wajib dan 12 mata kuliah pilihan yang ditawarkan. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) minimal yang harus diselesaikan bagi setiap mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan adalah 144 SKS, mata kuliah wajib sebanyak 138 SKS dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 SKS. Dari total 67 mata kuliah tersebut, terdapat 36 mata kuliah kompetensi dengan rincian jumlah SKS kuliah/responsi/tutorial sebanyak 141 SKS, jumlah SKS seminar sebanyak 7 SKS, dan jumlah SKS praktikum/praktek lapangan sebanyak 14 SKS.

Adapun jumlah mata kuliah basic science dan matematika pada PSTP USK adalah sebanyak 13 mata kuliah dengan total 37 SKS, yang diajarkan mulai semester 1 sampai dengan semester 4. PSTP USK juga memiliki mata kuliah capstone design yaitu mata kuliah Perencanaan Tambang yang diajarkan pada semester 7, dengan cakupan pembahasan yang memuat materi-materi dari mata kuliah-mata kuliah inti/kompetensi Teknik Pertambangan.

Panduan Kurikulum PSTP 2016-2020

Panduan Kurikulum PSTP 2021-2025

Diagram Alir Mata Kuliah Kurikulum 2016-2020

Diagram Alir Mata Kuliah Kurikulum 2021-2025

Category

  • berita terkini
  • Uncategorized

Archives

  • August 2022
  • July 2022
  • June 2022
  • November 2021
  • June 2021
Tautan Terkait
KRS Online
Beasiswa
Data Statistik
Exit Survey
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Penerimaan Mahasiswa Baru
Akun Email Mahasiswa
Kuliah Kerja Nyata
Repository Publikasi
Perwalian Online
Kontak

Program Studi Teknik Pertambangan
Fakultas Teknik - Universitas Syiah Kuala
Jl. Syekh Abdurrauf No.7, Kopelma Darussalam
Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111

+62 (0651) 755129

pertambangan@usk.ac.id

Copyright © 2022. Teknik Pertambangan - USK